Mengembangkan Otak Kanan Anak

Dalam proses mengembangkan otak kanan anak seringkali kita sebagai orang tua selalu menganggap sepele dan lebih mengedepankan perkembangkan otak kirinya dengan diberikan asupan – asupan kedalam otak kiri anak, jika hal ini terus kita lakukan maka anak
hanya bisa menjalankan perintah apa yang sudah di cerna dalam otak kirinya dan tidak ada kreativitas baru.

kita tahu banyak sekali anak-anak yang sulit mengikuti pelajaran di sekoah. Jika hal ini terjadi pada anak anda, bisa jadi anak anda adalah anak yang lebih dominan otak kananya.

Dalam proses mengembangkan otak kanan ini, jika seorang anak yang mendapatkan berkah dari Tuhan dengan memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pencipta dan penemu hal-hal baru didunia ini baik dalam bidang seni maupun bidang sains. berdasarkan penelitiaan anak yang cenderung berotak kanan belahan kananya lebh dominan dalam berpikir ketimbang belahan otak kirinya.

Seorang peneliti otak menemukan bahwa otak manusia bagian berpikir tingkat tinggi terjadi kedalam 2 belahan, yakni belahan otak kiri dan belahan otak kanan, sesuai letak posisi tangan kita. masing masing anak memiliki kecenderungan domainan yang berbeda dalam hal berpikir. dari kedua belahan otak tersebut, ada anak yang lebih dominan menggunakan otak kanan, ada anak yang seimbang tapi ada juga yang dominan otak kiri.

Untuk mengetahui kecenderungan otak anak anda, mana yang lebih dominan dalam bereaksi, lakukan test berikut ini :

  • Minta angkat kedua tangan Anda.
  • Kemudian minta ia menggoyang goyangkan dan lemaskan jemari-jemari tangan anak Anda.
  • Kemudian pertemukan jemari tangan kanan dengan jemari tangan kiri sehingga persis dalam posisi orang yang hendak berdoa atau memohon.
  • Setelah jemari anak Anda saling menggenggam, coba lihat posisi ibu jadi yang berada paling atas.
  • Apakah ibu jari tangan kiri atau ibu jadi tangan kanan?
  • Jika ibu jari kiri yang di atas maka anak Anda adalah dominan otak kiri.

Inilah mengapa seringkali banyak yang bermasalah dengan belajar di sekolah. Berdasarkan penelitian, ternyata kebanyakan sistem belajar mengajar di sekolah masih menggunakan pola dan cara yang dominan otak kiri. Sementara otak kanan dan otak kiri manusia memiliki perbedaan cara kerja yang sangat jauh bahkan saling bertentangan, atau mungkin lebih tepatnya otak kanan dan otak kiri ada untuk saling melengkapi kekurangan masing masing.

Semangat berpikir anak akan tumbuh jika dirinya mengetahui bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien. Sekarang ini banyak sekali metode belajar yang ditawarkan sekolah dan tempat kursus. namun yang terbaik adalah metoda belajar yang berdasarkan cara kerja alami otak manusia. Metode ini tepat karena mengajarkan anak belajar dengan menggunakan kadua belahan otak yaitu otak kiri dan otak kanan. Dimana selama ini metoda belajar di sekolah hanya melibatkan otak kiri.

Leave a comment