Tips mengatasi problem kecemburuan kakak pada adiknya (Psikologis anak)

Masalah kecemburuan antara abang, kakak dan adik memang menjadi probelem dalam berumah tangga, namun bagi orang tua yang bijak pasti dapat menyelesaika masalah seperti ini.
Dalam kasus kecemburuan kakak dan adik barunya memang sering terjadi dan hal ini sikap alamiah kakak terhadap adik yang sering terselip didalam benak, namun bukan berarti harus anda lihat begitu saja, tentu ada penangan agar sikap cemburunya itu menjadi baik.
Jika anda tidak bisa menyikapi hal ini dengan bijak tentu saja bisa menjadi bumerang bagi keharmonisan adik dan kakak, karna adanya rasa cemburu yang salah.

Menurut faktanya ketika anda sedang mengandung adik baru, sering sekali anak pertama tau yang lebih tua merasa sering bertingkah laku konyol, serta sering ingin menghabiskan waktu dengan anda. Jika hal seperti ini anda alami dan anda merasakan ada perubahan dari kakan tertua atau anak pertama, bisa jadi dia sedang cemburu pada adik barunya.

Untuk itu seperti yang telah ditekankan di atas, orang tualah yang menjadi pemegang utama dalam permainan ini, pemahanan dan perasaan orang tua pada anak harus lebih peka terhadap perubahan sikap si anak.

Nah, agar hubungan kakan, adik serta orang tua tetap harmonis, dalam artikel kali ini kita akan mengupas lebih jauh mengenai kiat cara mengatasi kecemburan kakak pada adiknya. Apa saja yang harus dilakukan? Untuk lebih jelasnnya, YUK! Kita simak ulasan berikut ini.
#Tips mengatasi problem kecemburuan kakak pada adiknya

Sebenarnya penyebab utama dari kecemburuan kakak pada adinya difaktori  oleh berubahnya perhatian lebih anda kepada si adik baru sebab anda harus lebih ektra menjada, merawata hingga menyusui.

Hal inilah menjadi alasan dasar kenapa biasanya anak – anak yang masih kecil sering cemburu pada adiknya barunya.

Walaupun dalam kasus seperti ini orang tua sering menggap hal ini suatu yang biasa  saja, padahal dampak psikologis anak sedang terganggu yang perlu penangan anda.
Untuk itu jangan sepelekan mengenai kecemburuan kakak pada adiknya. Apasih dampak terhadap perkembangan anak yang lebih tua apabila sikap kecemburuan ini terus di rawatnya, secara garis besar dapat berdampak sebagai berikut :

  • Anak akan akan merasa minder
  • merasa tidak ada yang menyayanginya karna perhatiannya terbagi
  • menjadi anak yang pembenci
  • iri hati
  • berdampak pada perubahan karakter pada lingkungannya
  • berdampak pada perubahan krakter pada adiknya
  • dalam beberapa kasus yang lebih parah memicu menyakiti adiknya sendiri jika iri hatinya terlalu tinggi
jikalau sudah seperti ini bisa menjadi bahaya bagi hubungan kaharmonisa adik dan kakak dimasa depan, agar hal ini tidak terjadi, ada harus mengambil langkah cepat namun tetap tenang, berikut ini tips yang semoga bisa membantu anda menangani masalah berikut, diantaranya sebagai berikut :
#1. Persiapkan anak sejak adiknya masih dalam kandungan
Landasan awal yang telah anda siapkan mengenai pengetahuan kepada kakak dari calon adik barunya dapat memberikan dorongan rasa cinta kakaknya terhadap adiknya.

Selalu libatkan anak yang lebih tua (kakaknya) mengenai fase kahamilan anda seperi, mengelus perut anda dan mengatakan ia adalah colon adik buat kakak, mengajak berbelanja dan meminta si kakak untuk memilih pakaian untuk adik serta berikan imajinasi tentang indahnya memiliki adik baru karna bisa bermain bersama – sama nanti.

Dengan persiapan landasan  rasa kasih sayang kakak pada adiknya sehingga telah menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang pada adiknya semenjak masih dalam kandungan.
#2. Ajarkan mengenai sikap kasih sayang
Ajarkan pentingnya sikap kasih sayang padanya, seperti mengatakan bahwa anak yang baik yaitu yang menghormati yang lebih tua serta yang menyayangi yang lebih mudah.
Agar penjelasan ini lebih mudah dipahami oleh anak – anak berikan penjelasan yang lebih mudah seperti kakak yang baik itu menghormati orang tuanya seperti, ayah, ibu, kakek dan nenek serta om dan bibi, dan juga sangat menyayangi adiknya dan berusaha menjaganya dan membimbinya, Agar jadi anak yang disayang oleh allah.swt
#3. Dengarkan segala keluh kesahnya pada anda
Ketika adik merasa ada yang menggangu dirinya dan yang membuatnya kesal, dengarkanlah segala keluh kesahnya, ketika hal itu salah atua benar, berusahalah menasehati dengan tetap memberikan kebahagian dan dengan cara yang ia mudah mengerti.
Contoh dalam kasus seperti ini adiknya berusaha mengambil mainan kakanya dan merusakkannya, kakaknya sontak marah pada adiknya dan mengadu pada ibunya, sabagi ibu yang baik tentu memiliki cara yang baik dan tenang dalam menyikapi hal ini dengan memberikan penjelasan bahwa adik masih kecil dan belum mengetahui hal tersebut, kita berusaha memberikan kegembiraan kembali dengan akan membelikan maianan baru atau berusaha memperbaiki mainan yang rusak bersamanya.
Ceritakan juga tentang kelakuannya masa kecil dulu yang sama dengan adiknya sehingga ia mengetahui mengapa adiknya seperti itu, karna dia belum bisa memahami apapun.
#4. Berikan kepercayaan padanya
Sikap psikologis anak – anak sangat mudah labil, dengan memberikan kepercayaan padanya ia akan merasa dihargai serta masih anda sayangi.
Anda bisa memberikan tugas padanya seperti mengambikan pakaian adiknya, atau memberikan makanan pada adiknya. Hal – hal kecil seperti ini bisa memberikan rasa kasih sayang dan kepercayaan anda.
Perlu digaris bawahi tugas yang anda berikan harus sesuai dengan kemampuannya, dan juga tentu dalam pengawasan anda sendiri.
#5. Meluangkan waktu bersamanya
Perhatian anda memang akan lebih terfokus kepada adik baru, namun bukan berarti dalam 24 jam tidak bisa meluangkan kepada kakak si adik. Ketika adik barunya sedang tertidur, luangkanlah waktu itu untuk bermain bersamanya atau melakukan hal – hal ia sukai.
Dengan melakukan hal ini, anak – anak yang lebih tua tidak akan merasa rasa kasih sayangnya tebagi hanya untuk adik barunya.
#6. Sikap adil yang harus anda terapkan pada semua anggoat keluarga termasuk masing – masing anak anda
Intinya agar problem kecemburuan antara kakak terhadap adiknya yaitu berusahalah untuk berbuat adil dengan sesuai porsi dan penepatannya.
Misalkan anda memberik hadiah, usahakan berikan hadiah keseluruh anak anda tentu dengan takaran dan porsi yang sama sesuai dengan yang diminatinya.
Memang kadang kalanya perhatian kita tertuju pada satu anak, namun perlu di ingat berusahalah menyeimbangkan itu semua dengan melihat situasi dan kondisi.
Misalkan ketika ada salah satu anak yang sakit tentu perhatian anda akan tertuju padanya. Sebagai kakak atua adik lainnya sudah ditanamkan rasa saling menyayangi sehingga tidak ada lagi rasa cemburu satu sama lain.
Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai mengatasi problem kecemburuan kakak pada adiknya.
Kakak harus berusaha menjadi contoh bagi adiknya,  untuk mewujudkan hal ini tentu orang tualah menjadi lider dari pembimbingan akhlak seorang anak.
Pada zaman sekarang banyak sekali kecemburuan antara kakak dan adik bahkan yang sudah berusia dewasa yang telah bisa membedakan mana yang baik dan salah, salah satu faktor penyebabnya karna sejak kecil sudah menanamkan rasa cemburu itu karna kurangnya perhatian anda, semoga hal ini bisa mengingatkan kita semua.amin.
Sumber : http://maobati.blogspot.co.id/2016/08/tips-mengatasi-problem-kecemburuan-kakak-pada-adiknya.html
Leave a comment